Tuesday, September 13, 2016

Burlap, Goni, Atau Jute ?

Burlap 

Burlap entah dari mana asal kata itu, tapi sering di gunakan untuk menyebut satu benda mirip kain yang kasar yang seringkali kita sebut sebagai karung goni. Lalu apa bedanya sampai sekarang belum ada yang tahu atau memang penulis yang kurang mendalami ini sehingga belum tahu perbedaan dantara burlap dan karung goni.

Padanan kata untuk karung goni dlaam bahasa Inggris adalah jute, dan orang-orang Amerika dan Eropa lebih senang menggunakan burlap untuk menyebut karung goni. Nah ini juga kenapa begitu kurang jelas. Tapi kalau kita cari internet dengan kata kunci burlap yang tampil memang ya karung goni.

Tapi apapun namanya sekarang ini yang namanya burlap atau karung goni semakin banyak saja di gandrungi orang untuk di buat berbagai macam kerajinan tangan mulai dari pouch, tas, sampai ke hiasa-hiasan untuk ucapan terima kasih. Bahkan taplak meja berserta tatakan gelas dan wadah pisaunya kini mentereng di pajang di hotel-hotel kelas atas.

Bahan ini terbuat dari tumbuhan serat yang tumbuh di air seperti rumput tinggi. Industri karung goni ini di kuasai oleh India dan Bangladesh sebagai pemasok utama untuk kebutuhan dunia, walau negara lain ada juga yang memproduksi seperti Vietnam, Tiongkok, Thailand, dll. Tapi sayangnya di negera kita saat ini sudah tidak ada lagi industri karung goni ini.

Penggunaan karung plastik sebagai kemasan telah mengalahkan penggunaan karung yang yang lebih ramah lingkungan. Hal ini di sebabkan terutama oleh karena hargaya jauh lebih murah. Tak heran di mana-mana kita dapati pembungkus-pembungkus barang dagangan di kemas dala karung-karung plastik. Walau di satu sisi ia tidak cukup ramah terhadap lingkungan tapi di sisi lain ia praktis dan murah.

Sampai kapan penggunaan bahan plastik ini tergantikan oleh burlap atau karung goni, kita tidak bisa terlalu mengharap terlalu cepat mengingat tidak mudah untuk merubah kebiasan umum dalam penggunaan bahan yang merusak lingungan ke bahan yang lebih berdamai. Tapi semoga saja satu waktu sang burlap bisa lebih berjaya dan industri karung goni di tanah air bisa berkembang yang bisa menyerap tenaga kerja lebih banyak serta penghasilan yang memuaskan bagi para pelakuknya.